Job Fair dan Tracer Study SMKN 1 Merdeka

Wakil Bupati Karo (Kelima dari kiri) foto bersama dengan undangan

Penulis: Derry Fenina br Sinuraya, S.Pd.

Kegiatan yang berlangsung hingga empat hari ini dikemas dengan expo unjuk kerja hasil praktik siswa dalam kegiatan P5 yaitu membuat Minyak Urut Karo, Sembur, Rumah Adat Karo, Kuning, Ornamen Karo, juga dilengkapi promosi kenderaan roda dua dari Yamaha sebagai mitra sekolah dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Giat SMK Pusat Keunggulan (PK) ini juga memadukan kegiatan yang bersifat edukasi dari bursa kerja khusus (BKK) SMK Negeri 1 Merdeka berupa seminar Tracer Study dan talk show tips dan trik untuk para calon pelamar kerja dalam mempersiapkan diri. Kacabdis Pendidikan Wilayah IV Sumatera Utara Bapak Salman, S.Sos., M.AP. mengatakan bahwa  job fair kali ini adalah wujud dari kolaborasi antara SMK dengan berbagai perusahaan terkemuka di Sumatera Utara.

SMK adalah lembaga pendidikan yang memberikan pembelajaran praktis dan keterampilan nyata kepada peserta didik. SMK akan terus berbenah mempersiapkan calon alumni yang terampil dan kompeten sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Kegiatan Job Fair ini merupakan salah satu bentuk upaya Dinas Pendidikan Sumatra Utara untuk membantu siswa SMK dalam memasuki dunia kerja dan mewujudkan cita-cita mereka. Partisipasi 17 dunia usaha dan industri pada Job Fair ini akan menjadi kesempatan yang sangat berharga untuk menghubungkan diri dengan dunia kerja, mencari peluang, dan memulai perjalanan karir sesuai kompetensi serta potensi yang dimiliki para siswa.

Dari kiri ke kanan: Kadis Ketenagakerjaan dan Koperasi UKM Kab. Karo, Wakil Bupati Karo, Kacabdis Wil IV Disdik ProvSU dan Kepala SMKN 1 Merdeka

Dalam kesempatan yang sama Kepala SMK Negeri1 Merdeka, Bapak Mbina Bangun, S.Pd., M.Psi. menyampaikan bahwa kegiatan Job Fair & Tracer Study ini merupakan rekomendasi dari workshop penguatan kelembagaan BKK SMK Negeri 1 Merdeka . Output dari kegiatan berupa rencana kerja BKK dan strategi pengelolaan BKK dengan salah satu rencana tindak lanjutnya adalah melaksanakan kegiatan Job Fair dan Tracer Study tahun ini.

Turut Hadir dalam acara pembukaan adalah Kepala SMK Negeri 1 Merdeka, Bapak wakil Bupati, Kacabdis Wilayah IV , Kadis Ketenagakerjaan dan UKM Kabyupaten Karo dan 9 DUDI yang turut hadir.  Pada hari kedua dihadiri oleh Ibu Camat Kec. Merdeka dan 8 DUDI yang hadir. Pada hari keempat dan kelima, dilakukan kegiatan Tracer Study yang dihadiri oleh Alumni dan Kelas XII SMK N 1 Merdeka, pada hari pertama narasumbernya adalah Kadis Ketenagakerjaan dan UKM dan PT. The HILLS. Pada hari kedua diisi oleh LPK Kyodai dan LPK Medan Korean Center. Serangkaian acara dilaksanakan dengan sangat antusias.

You May Also Like

https://spi.uinmataram.ac.id/wp-includes/-/obat-aborsi/
http://mmt.its.ac.id/wp-content/uploads/obat-aborsi/
https://bunton-adipala.cilacapkab.go.id/wp-content/-/cytotec/
https://bunton-adipala.cilacapkab.go.id/wp-content/-/perangsang-wanita/
https://feb.uhamka.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/
https://fai.uhamka.ac.id/wp-content/uploads/2023/03/
https://fikes.uhamka.ac.id/wp-content/languages/plugins/cytotec/